Buku Tarekat Tijaniyah



Judul: Tarekat Tijaniyah Perspektif Amaliah dan Ilmiah

Penulis: Ahmad Shohibul Muttaqin, Lc., M.Pd
Tebal: 54 Halaman
Tahun: Agustus 2017

Pembaca yang budiman, dalam upaya memahami ajaran tarekat Tijaniyah, sebaiknya para pembaca buku ini maupun peneliti memperhatikan Alquran dan Hadits Rasulullah, sebab keduanya yang menjadi dasar utama dalam ajaran tarekat ini. Maulana Syekh Ahmad bin Muhammad at-Tijani berkata: “Jika kalian mendengar sesuatu dariku, maka timbanglah dengan neraca syariat, apabila sesuai lakukanlah, namun jika tidak sesuai tinggalkanlah” – halaman 6.

Buku ini berisi tentang tarekat Tijaniyah secara ringkas, namun padat. Dijelaskan bagaimana tata cara berdzikir Lazimah, Wadhifah dan Hailalah. Dituturkan pula doa-doa atau wirid pilihan. Dari buku ini ada beberapa kisah menakjubkan para Ulama Tarekat ini. Beberapa kisah tersebut diantaranya adalah:


Syekh Ali at-Tamasiniy (W. 1260 H) - Aljazair
Diantara keramatnya ialah mampu menyuguhkan seikat buah kurma kepada Ibunya Sayyid Muhammad al-Habib  ketika sedang ‘ngidam’, padahal mereka berada di Negara yang berbeda, yakni Aljazair dan Maroko . Halaman 30

Syekh al-Ghauts Arobi bin Sayih (W. 1309 H) – Rabat
 Adalah seorang ulama yang nasabnya berujung kepada Sahabat Umar bin Khattab. Beliau disamping aktif syiar islam melalui dakwah dan pengajian, juga memiliki banyak keramat. Diantara keramatnya yaitu; kitab yang ditulisnya “Bughyatul Mustafid” komentar atas kitab “Munyatu al-Murid” telah mendapat izin dari Rasulullah. Hal ini mirip kisahnya Syekh Ahmad bin Ramadlan al-Marzuki al-Maliki (W. 1226 H) ketika menulis kitab “Aqidatul Awam”.. Halaman 33.

Demikianlah sebagian kisah para Ulama Tijaniyah yang dapat kita ambil hikmah dan pelajaran. Bagi anda yang ingin memiliki buku ini, silakan japri ke nomor HP/WA: 081575984284

0 komentar:

Posting Komentar