Kunjungan Ulama Maroko ke Desa Jungpasir

Photo bersama setelah acara


Demak- Pondok Pesantren yang terletak di desa Jungpasir kecamatan Wedung kabupaten Demak ini kedua kalinya dikunjungi oleh seorang ulama dan ahli sastra penyair Kerajaan Maroko Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisi al-Hassani pada 12 April 2016. Ponpes yang didirikan oleh KH. Fauzi Noor (W. 1999 M) ini telah dikunjungi oleh beliau kali pertama pada 22 Nopember 2014 yang lalu.
Dalam kunjungannya, Sayyid Abdul Karim al-Idrisi menyampaikan Tausiyah setelah Isya’. Dalam pidatonya, beliau mengawali dengan bacaan hamdalah dan salawat kepada Rasulullah Saw. Kemudian, beliau menjelaskan bahwa agama islam adalah agama yang menyerukan kepada pemeluknya  untuk mencari ilmu, sebagaimana wahyu Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw QS. Al-Alaq ayat 1-5 yang esensinya adalah perintah untuk membaca.
Kemudian beliau menjelaskan QS. Az-Zumar: 39 yang membedakan antara manusia berilmu dan tidak berilmu. Selanjutnya, beliau menghimbau kepada para hadirin jika ingin menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat maka raihlah dengan ilmu.
Diakhir tausiyah, beliau memberi wejangan kepada para santri agar memperbanyak mutholaah kitab dan diskusi sesama santri. Dan jangan malu untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami kepada guru yang mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar