Ulama Tijaniyah dari Kota Brebes




KH. Sholeh Basalamah
Brebes- KH. Sholeh Basalamah bin Muhammad bin Ali bin Ahmad (Lahir 1959 M) merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Darus Salam yang terletak di desa Jatibarang Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Ia merupakan salah satu ulama yang mengajarkan ajaran Islam melalui jalan dakwah dan pengajian. Selain itu, Ia juga turut andil dalam menyebarkan ajaran Tarekat Tijaniyah. Murid Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alawi al-Makki itu tak hanya sebatas mengajarkan nila-nilai agama Islam, namun juga menelurkan beberapa karya tulis. Diantara karya tulisnya yang pernah penulis baca adalah “Sebaiknya Anda Tahu”.

Adapun si penulis kali pertama bertemu dengan KH. Sholeh Basalamah adalah pada even Pengajian umum Tarekat Tijaniyah di tempat KH. Falah yang terletak di desa Pesawahan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon – Jawa Barat. Kala itu, Ia menjadi penerjemah Syekh Hasan Adam dari Sudan. 

Kemudian untuk mengembangkan potensi santri Ponpes Darus Salam, Ia juga sering mendatangkan tamu dari Luar Negri, seperti: Syekh Muhammad Habib al-Jakani, Syekh Muhammad Arobi bin Mahdi dan Habib Abdul Karim Baqasy al-Idrisi dari Maroko, Syekh Ouali bin Douwaina dari Aljazair, Syekh Muhammad Habib Ba dari Senegal. 

Ia pula mendapat kesempatan menjadi tuan rumah acara Idul Khotmi ke- 222 yang telah diselenggarakan pada 12-14 Desember 2014 lalu, yang dihadiri oleh Cucu Sayyid Maulana Ahmad Tijani yakni Sayyid Moulay Thohir al-Hassani & Syarifah Lala Zahwa.

0 komentar:

Posting Komentar